Pawai Budaya Nusantara 2019


Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-44, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kembali mengadakan Pawai Budaya Nusantara (Minggu, 21/04/2019). Kegiatan ini adalah upaya nyata dalam rangka menumbuhkan kecintaan dan melestarikan kebudayaan daerah. Acara yang digelar di Plaza Tugu Api Pancasila tersebut, menandai ditutupnya perayaan HUT ke-44 TMII. Ragam kreasi tari daerah dengan paduan busana warna cerah menghiasi pelataran Plaza Tugu Api Pancasila TMII.

Pada kesempatan ini, Kang Nong Banten ikut serta dalam pawai Provinsi Banten yang mengusung tema "Aspiring Geopark Ujung Kulon".

Selain terinspirasi dari keindahan, keanekaragaman hayati, dan keunikan geologis Taman Nasional Ujung Kulon, tema Aspiring Geopark Ujung Kulon juga adalah bentuk komitmen dan keinginan besar Pemerintah Provinsi Banten agar TN. Ujung Kulon segera menjadi Geopark Nasional. Hal ini karena TN. Ujung Kulon dianggap sudah memenuhi kriteria tersebut.

Sebagai cobtoh, Pulau Panaitan, yang masuk dalam kawasan TN. Ujung Kulon, sekitar 20 juta tahun yang lalu merupakan gunung api purba. Saat ini di Pulau Panaitan tepatnya di puncak Gunung Raksa juga terdapat peninggalan arkeologi berupa patung Ganesha. Di Cibunar terdapat sandstone, batuan yang terbentuk dari pasir pantai yang mengeras, yang merupakan fenomena geologi yang langka. Serta keberadaan bukti-bukti sejarah letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 di Tanjung Layar dsk.

Teman-teman sudah pernah ke TN. Ujung Kulon? Jika belum, jangan sampai lupa ya... Ayo kunjungi destinasi wisata yang ada di Provinsi Banten.

0 Response to "Pawai Budaya Nusantara 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel