Rencana Liburan Ke Lombok? Inilah 10 Destinasi Wisata Yang Cocok Untuk Backpacker



Hai Packers, sudah lama hamper dua minggu saya tidak update blog ini, maklum lah menjelang akhir tahun pekerjaan di kantor semakin menumpuk dan harus di kerjakan secepatnya, terkadang jengkel juga kalo di kejar dead line. Apakah anda ingin liburan atau berpetualang sejenak untuk menghilangkan penat gara-gara masalah kerjaan. Mungkin saya bisa rekomendasikan tempat wisata di daerah ini, yang belum lama ini berduka akibat dari bencana alam gempa bumi.


Ya betul sekali yang saya maksud yaitu Lombok. Karna Lombok adalah salah satu destinasi wisata populer di Indonesia, Pas banget buat yang ingin mencari tempat wisata sebagus Bali, namun relatif lebih sepi. Selain mempunyai pemandangan indah, Lombok juga menyuguhkan wisata pantai, budaya, sejarah, hingga Makanan.

Berikut ini 10 tempat wisata yang bisa anda pilih ketika sedang berlibur ke Lombok.

1. Dusun Sade

Dusun Sade yaitu tempat tinggal Suku Sasak yang berlokasi di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, dan terkenal dengan penduduk yang masih mempertahankan berbagai aspek budaya tradisional mereka sejak 600an tahun yang lalu. Penduduk desa ini masih tinggal di rumah-rumah tradisional beratap alang-alang, lengkap dengan dinding anyaman dan bambu serta kayu sebagai penyangga.

Setiap rumah di Dusun Sade dibedakan menurut kegunaannya, misalnya Bale Tani yang merupakan hunian keluarga, Bale Kodong untuk pasangan muda yang belum mempunyai anak atau lansia, dan Bale Bonter yang dihuni pejabat desa. Ada juga bangunan lumbung padi dan balai desa tempat warga setempat mengadakan musyawarah. Setiap rumah dihubungkan dengan semacam jalan setapak.

Para wisatawan dapat melihat proses pembuatan kain ikat secara tradisional, ikut belajar menenun, dan membeli kain langsung dari warga setempat dusun sade. Penduduk desa juga biasanya mengadakan festival dan ritual tradisional. Wisatawan bebas mengambil foto dan berbincang dengan penduduk desa, namun tetap harus bersikap hormat dan menjaga kesopanan.

2. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak juga bisa menjadi pilihan untuk anda yang ingin merasakan indahnya laut. Destinasi wisata di Lombok yang satu ini mempunyai pasir putih lembut serta air biru, dan masih relatif sepi walau sudah mempunyai fasilitas standar. Pantai ini mempunyai ombak yang cocok untuk berselancar, tetapi tidak terlalu besar, sehingga lebih cocok untuk pemula.

Yang bisa di lakukan oleh wisatawan di Pantai Selong Belanak antara lain adalah berselancar, berenang, berjemur, melihat sunset, dan snorkeling. Tidak ada tarif masuk ke pantai ini, tetapi pengunjung yang membawa kendaraan harus membayar sewa parkir sebesar Rp3.000. jika anda merasa lapar, di sini juga Terdapat beberapa warung makan murah di sekitar pantai, sehingga pengunjung bisa makan dengan biaya murah.

3. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani Yaitu Gunung  tertinggi ketiga di antara Tujuh Puncak Tertinggi (Seven Summits) di Indonesia, serta sebagai   taman nasional. Gunung ini terkenal sebagai area pendakian sepanjang bulan Juni, hingga  Agustus.  Banyak hal yang bisa dilihat di tempat wisata di Lombok yang satu ini walau Anda tidak mendaki hingga puncak.

Danau Segara Anak adalah salah satu nya yang terkenal di Rinjani. Area sekitar danau ini datar dan cocok untuk memancing atau menginap dengan mendirikan tenda di sekitar danau. Danau Segara Anak juga dikelilingi berbagai  goa yang bisa dijelajahi, seperti  Goa Susu, Manik, dan Payung. Ada juga kolam air panas alami yang letaknya sedikit di bawah area danau. Selain bisa untuk berendam, kolam air panas ini juga biasanya  digunakan penduduk setempat untuk ritual.

Gunung Rinjani juga mempunyai beberapa air terjun,  sebagian besar berlokasi di kaki gunung. Terdapat setidaknya 19 air terjun di kaki gunung ini, lengkap dengan kolam yang airnya dingin di bawahnya. Ada juga padang rumput berbukit yang unik di Desa Sembalun Lawang, yang juga sebagai titik awal jalur pendakian.

4. Pantai Kuta
Pantai Kuta di Lombok tidak sama dengan Pantai Kuta di Bali, karena di sini masih bersih dan tidak terlalu ramai. Berlokasi di Desa Kuta di Lombok Tengah, pantai indah ini biasanya menjadi salah satu tujuan pertama bagi wisatawan yang baru mendarat di Bandara Internasional Lombok. Pantai ini menyuguhkan pasir yang lembut, ombak yang cocok untuk belajar berselancar, dan juga pemandangan bawah laut yang indah.

Kegiatan yang bisa di lakukan di Pantai Kuta antara lain adalah snorkeling, berselancar (untuk pemula hingga tingkat menengah), menyewa perahu, berenang, dan menikmati sunset. Tempat wisata di Lombok ini dikelilingi fasilitas yang cukup lengkap, seperti misalnya homestay, tempat penyewaan papan selancar dan perlengkapan snorkeling, sampai warung makan.

Wisatawan  sebaiknya datang antara jam 9 pagi sampai jam 3 sore untuk menikmati suasana serta ombak yang optimal. Jika ingin menikmati sunset, bisa datang sekitar jam 4 atau jam 5 sore untuk menikmati suasana sore di Pantai Kuta.

5. Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno
Lombok memiliki pulau-pulau kecil yang biasa di sebut Gili di area lepas pantainya, namun ada tiga yang paling terkenal adalah Gili Trawangan, Air, dan Meno. Ketiga gili ini lokasinya cukup berdekatan, sehingga sering dijadikan tujuan wisata keliling pulau one trip. Gili Trawangan adalah yang terbesar, sedangkan Gili Meno itu yang paling sepi sekaligus asri.

Gili Trawangan memiliki banyak pilihan resort, baik yang biasa maupun mahal. Wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai, minum di warung pinggir pantai, menyewa sepeda, atau jalan-jalan naik delman di tempat wisata ini. Gili Trawangan juga biasanya menjadi lokasi pesta pinggir pantai, sehingga cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati suasana resort.

Gili Meno dan Air berukuran lebih kecil serta lebih sepi kalau dibandingkan dengan Gili Trawangan, tetapi Gili Air masih dihuni oleh masyarakat lokal. Pantai di Gili Air juga tidak seramai Gili Trawangan, dan biasanya banyak dikunjungi oleh keluarga. Area pantai di Gili Meno dan Air cocok untuk snorkeling atau menyelam.

6. Curug Sendang Gile

Sendang Gile merupakan air terjun yang biasa di sebut curug ini sangat indah dan wajib di kunjungi. Curug ini memiliki tinggi sekitar 30 meter, dan bentuknya bertingkat-tingkat. Terdapat kolam dengan bebatuan di bawah tirai air terjun, dengan air dingin yang bening dan cocok untuk berenang.

Wisatawan bisa meminta tolong kepada penduduk setempat untuk jasa pemandu. Area air terjun ini dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet, tempat ibadah, dan tempat parkir. Ada juga warung sederhana milik penduduk setempat, serta restoran yang berada di dataran tinggi.

7. Pantai Senggigi
Senggigi merupakan salah satu pantai terpopuler di Lombok. Pantai Senggigi mempunyai pasir lembut serta air biru kehijauan yang cukup jernih. Pantainya yang dangkal serta formasi terumbu karangnya yang unik membuatnya populer sebagai tempat snorkeling.

Keunikan lain dari tempat wista ini adalah fariasi warna pasirnya, dari gelap ke putih. Ombaknya relatif kecil dan pelan, sehingga cocok untuk berenang, atau belajar berselancar. wisatawan bisa menyewa perlengkapan snorkeling atau berperahu di area sekitar pantai. Terdapat beberapa titik ideal untuk snorkeling, tetapi lokasi di depan Senggigi Resort merupakan yang paling favorit.

Pantai Senggigi juga sangat cocok sebagai tempat untuk melihat sunset, dengan pemandangan Gunung Agung di kejauhan. Karena kepopuleranya, Pantai Senggigi banyak dikelilingi oleh hotel dan penginapan, baik yang sederhana maupun mewah. Ada juga tempat oleh-oleh, warung, dan restoran di dekat pantai, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir soal kebutuhan perjalanan.

8. Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan berlokasi cukup dekat dengan Pantai Selong Belanak dan pantai kuta, sehingga bisa dikunjungi sekaligus dalam sehari. Destinasi wisata ini juga masih bersih dan menawarkan ombak lembut, tetapi karakteristik pasirnya lebih mirip butiran kerikil. Terdapat beberapa tonjolan bebatuan dan formasi karang, namun secara keseluruhan, pantai ini cukup ramah pengunjung dan cocok untuk belajar berselancar.

Pantai Tanjung Aan cuma berjarak sekitar 3 kilometer dari Pantai Kuta. ada kendaraan umum yang melewati Pantai Tanjung Aan, Tetapi jika tidak ingin menghabiskan banyak waktu, wisatawan disarankan untuk menyewa motor atau mobil.

9. Gili Layar
Gili Layar yaitu sebuah pulau kecil tidak berpenghuni yang memiliki pasir putih dan perairan yang jernih, Gili Layar menawarkan pemandangan terumbu karang tropis yang masih utuh. Ada juga jejeran karang kebiruan langka yang disebut “blue coral”. Jenis karang ini hanya bisa ditemukan di dua tempat, yaitu Lombok dan Kepulauan Karibia.

Selain snorkeling dan menyelam, di tempat wisata ini wisatawan dapat berkemah, berperahu, memancing, atau berenang. Dan jika ingin berkemah wajib memberi tahu pihak desa setempat, menjaga kebersihan, serta membawa persediaan air bersih yang cukup.

10. Curug Tiu Kelep

Tiu Kelep adalah air terjun atau curug yang beralamat di Desa Senaru, kaki Gunung Rinjani, Lombok Utara, sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Mataram. Destinasi wisata ini masih asri, dan memiliki ketinggian sekitar 45 meter. curug ini juga dikelilingi oleh pepohonan serta hutan, dan berakhir di sebuah kolam air dingin. Udaranya yang segar akan membuat rilex seketika. Selain itu, kolam dingin di bawah air terjun tersebut bisa juga dijadikan tempat berenang.

Wisatawan yang mau menikmati keindahan curug Tiu Kelep  sebaiknya menyewa sepeda motor atau mobil dengan sopir, karena tidak ada angkutan umum yang menuju ke area curug. wisatawan dapat memakai jasa  penduduk setempat untuk menjadi pemandu.

Itulah 10 tempat wisata yang ada di Lombok yang bisa menjadi pilihan jika kita sedang mengunjungi Lombok, harap ingat di manapun kita berlibur, tetap harus menjaga sopan santun di tempat yang kita tuju. Selamat berlibur.

3 komentar

Komplit gan pembahasannya .. salam ya dari FajarYusuf.com

This comment has been removed by the author.


EmoticonEmoticon